Cara Mengatasi Mata Lelah Dan Ngantuk Saat Bekerja

Cara Mengatasi Mata Lelah Dan Ngantuk Saat Bekerja - Bukan hanya tubuh saja yang mengalami kelelahan akibat aktivitas sehari-hari adalam bekerja, mata juga yang merupakan panca indera manusia pasti akan merasakan lelah. Kelelahan mata merupakan kondisi yang umum dan juga mengjengkelkan. Karena pada saat mata mengalami kelelahan kita pasti merasa malas dan mengantuk pada saat bekerja, hal ini lah yang membuat prestasi atau kualitas kerja anda menjadi menurun. Mata lelah memang kondisi yang umum karena memang mata juga memiliki batas kemampuan. Saat mata mengalami kelelahan, refleks yang kita rasakan adalah mengantuk dan ingin memejamkan mata atau pergi tidur. Mata adalah salah satu indera yang memiliki fungsi penting dan berharga. Jika seseorang sudah mengalami mata lelah maka kondisi ini akan mempengaruhi kemampuan penglihatanya serta menurunkan kinerja.

Mata lelah dan mengantuk adalah bentuk dari reaksi mata yang sudah tidak mampu lagi untuk melakukan aktivitas dan sangat membutuhkan istirahat sejenak untuk mengembalikan fungsi mata yang mengalami kelelahan. Gejala yang biasanya muncul pada saat mata mengalami kelelahan adalah mata berair, terasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi dan lebih peka terhadap cahaya. Pada saat mata lelah juga tidak jarang orang mengalami ngantuk yang berat. Kondisi ini harus segera diatasi karena jika terlalu memaksakan akan membuat mata menjadi mengalami masalah. Ketika mata mengalami masalah tentu akan membuat anda merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas.

Hampir setiap orang dari berbagai kalangan pasti pernah merasakan yang namanya mata lelah dan ngantuk berat walaupun pada permulaan siang hari ataupun pagi hari. Selain mata yang terasa berat, kondisi ini juga sering disertai dengan badan yang terasa lemas dan lunglai. Kelelahan mata dapat mengganggu. Tetapi biasanya tidak serius dan hilang setelah Anda beristirahat, untuk itu perawatan mata sangat diperlukan sebagai cara untuk membuat mata tetap sehat dan segar. Kelelahan mata tidak memiliki konsekuensi jangka panjang yang serius atau, tapi bisa menjengkelkan dan tidak menyenangkan. Hal ini dapat membuat Anda lelah dan mengurangi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata

Kurang tidur juga dapat membuat mata anda lelah saat bekerja, dan kurang tidur juga dapat membuat anda menjadi mengantuk. Mengantuk adalah hal yang wajar, namun tidak wajar apabila rasa ngantuk tersebut datang secara terus menerus. Rasa ngantuk yang umumnya datang pada malam hari dan biasanya disebabkan karena keletihan adalah hal yang wajar. Yang perlu kita kenali saat rasa ngantuk datang secara terus menerus adalah tanda-tanda ketidakwajarannya. Cara untuk mengatasi mata lelah dan ngantuk bisa anda lakukan sendiri pada saat bekerja, seperti istirahat dan duduk dengan mata tertutup selama beberapa detik untuk rehydrate mata Anda. Kompres mata dengan Es. Memijat Wajah. Latihan otot-otot di mata Anda. Anda harus melatih otot mata Anda. Untuk melakukan hal ini, memutar mata Anda perlahan sisi ke sisi, atas dan bawah, dan diagonal. Ulangi ini tiga sampai lima kali. Lakukan latihan ini beberapa kali setiap hari, terutama jika Anda bekerja untuk jangka waktu yang lama.

Komentar